21 March 2011

Ayu Diah: Anand Protes Melalui Mogok Makan

Ayu Diah: Anand Protes Melalui Mogok Makan ShareTweet

Minggu, 20 Maret 2011 19:35
Kapanlagi.com - Aksi mogok makan yang dilakukan Anand Krishna, menurut artis Ayu Diah Pasha, adalah sebuah reaksi dari ketidakadilan yang dialami oleh guru spiritualnya itu. Ayu menegaskan bahwa setiap orang punya hak azasi dan juga kewajiban sebagai warga negara.

"Dia harus menunjukkan haknya yang dia miliki, saya kira punya caranya masing-masing dalam mengekspresikannya," terang Ayu saat ditemui di Galeri Cafe TIM Cikini, Jakarta Timur, Sabtu (19/3).

Ayu melanjutkan, aksi mogok makan yang dilakukan Anand adalah sebagai protes atas penahanan dirinya. Namun sampai hari ini, tidak ada reaksi dari pemerintah ataupun pihak-pihak terkait.

"Pada saatnya penetapan itu terjadi, sampai Pak Anand ditahan, kemudian mogok makan pun tidak ada reaksi, sampai hari ini terjadi," papar Ayu.

Tuduhan pelecehan seksual yang disangkakan kepada Anand itu adalah tidak berdasarkan fakta. Ayu menceritakan, selama beberapa tahun dirinya mendatangi gurunya tersebut, tidak sekalipun Anand melakukan pelecehan seksual kepada dirinya.

"Kalau dalam pengalaman saya pribadi selama bertahun-tahun kalau saya datang ke asrama, kita berdiskusi, juga mengikuti kegiatan-kegiatannya, dan sebagainya, jelas sekali memang tidak ada sama sekali hal seperti itu. Bahkan ketika ketemuan beliau, itu tidak ada sedikitpun yang terkait apa-apa yang dituturkan saksi. Beliau sangat menghormati sekali wanita," ujar Ayu.

"Saya lihat sendiri Pak Anand sepanjang ini, semua intinya hanya satu yang ingin beliau sampaikan, yang sesuai hati nurani, menegakkan Pancasila dan kebebasan beragama, toleransi beragama, itu sebenarnya yang dimiliki di Indonesia, tapi tidak dimiliki negara-negara lain," pungkas Ayu.�� (kpl/buj/bun)

View the Original article

0 comments

Post a Comment