23 March 2011

Penjelasan Kak Seto Soal Tudingan Campur Tangan Kasus Arumi


Arumi (Nunu/detikhot) JakartaMantan Ketua Komnas Anak, Kak Seto dituding campur tangan dalam kasus Arumi. Anak buah Kak Seto bernama Gufron disebut-sebut sebagai dalang kaburnya Arumi dari rumah untuk meminta perlindungan.

Namun tudingan tersebut dibantah oleh Kak Seto. Pria berkacamata itu mengatakan kalau dirinya hanya bertemu dengan Arumi sebentar, dan tidak sempat terlibat dalam kasusnya.

Bersama dengan keluarga Arumi, Kak Seto mendatangi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Senin (21/3/2011). Ia bertindak sebagai mediator untuk membujuk Arumi pulang. Berikut ini penjelasan Kak Seto terkait tudingan yang ditujukan kepadanya.

Sebenarnya kalau ditangani sama Kak Seto dari awal tidak akan menjadi seperti ini?

Masalahnya saat itu saya bukan di Komnas Anak, dan bukan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Saya mendengar (kasusnya) sudah di KPAI dan itu lembaga negara, saya pikir justru akan lebih cepat selesai. Saat masalahnya berlarut-larut justru saya mencoba bertemu dengan keluarga ke KPAI, dan ternyata sekarang bukan di KPAI tapi di LPSK. Saya membuka peluang juga tidak bisa, nah kebetulan hari ini saya dan pak Fatwa bisa dan bahkan bisa bertemu langsung.

Saya mengerti perasaanya 5 bulan, seorang ibu yang kehilangan anaknya, ya dalam rangka itu saya mencoba yang terbaik, semua saya lakukan karena itu.

Soal Gufron yang disebut sebagai bawahan Kak Seto?
Dia (Gufron) menangani ini bukan anak (bawahan) saya. Dia keluar itu dari 1 bulan sebelum lebaran, jadi memang tiba-tiba datang ke saya waktu saya di Bandung, tapi saya buru-buru.

Tapi keluarnya Gufron dari kantor itu karena Arumi?
Bukan, masalah internal kantor.

Pertemuan yang di Bandung dengan Arumi seperti apa?
Itu tanggal 30 Oktober 2010, tiba-tiba dia SMS mau ketemu membahas masalah ini, karena saya bilang saya tidak menangani masalah anak. (Kak Seto sudah tidak di Komnas Anak). Itu tidak dijadwalkan, karena dia meminta waktu ya ada apa? Ya saya bilang masalah anak bisa diselesaikan oleh KPAI

Jadi pada saat Gufron menemui Kak Seto itu beserta Arumi?
Iya dengan Arumi, tapi pada saat itu saya juga cepat-cepat, jadi mungkin hanya 10 menit ketemunya.

Sempat cerita apa Arumi saat itu?
Ya saya kira tidak terlalu banyak, karena pada saat itu kita tidak siap.

Keluhan Arumi apa?
Ya karena ini sudah saya sampaikan ke keluarga.

Tapi sebenarnya, LPSK itu sesuai untuk kasus Arumi?
Saya tidak tahu, tapi kalau saya dibilang terlibat itu tidak sama sekali. Saya tidak tahu hukum, tapi seharusnya tidak sampai kesana (LPSK), seharusnya perlindungan keluarga aja.

Terkejut akhirnya mantan staf Anda yang sekarang dituduhkan?
Ya terkejut, tapi saya bilang tolong semua diselesaikan dengan baik.


(ich/ich)





View the Original article

0 comments

Post a Comment